7.400 Anak di Kupang Dapatkan Persiapan Sekolah Yang Lebih Baik

0
8

Jakarta, Radaronline
Hari ini, Senin (18/7/2016), Pemerintah Indonesia – Pemerintah Selandia Baru dan UNICEF meluncurkan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang akan diterapkan di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), selama empat tahun mendatang.
Bekerja sama dengan pembuat kebijakan dan pendidik PAUD, program ini akan diimplementasikan di 100 PAUD berbasis komunitas yang diikuti oleh sekitar 7.400 anak berusia 3-6 tahun. Program ini mendukung gerakan Kementerian Pendidikan Nasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan PAUD di Indonesia.

Tujuan jangka panjang program ini adalah memberikan layanan pendidikan yang lebih baik bagi seluruh anak Indonesia dengan fokus terhadap anak-anak di masyarakat daerah terpencil. Anak-anak akan mendapat akses ke lingkungan positif untuk bermain dan belajar yang difasilitasi oleh staf terlatih.

Bukan hanya itu, orang tua juga akan mendapat informasi mengenai pengasuhan anak dan belajar bermain. Program ini mengacu kepada pengalaman Selandia Baru dalam bidang pendidikan anak usia dini.

“Berinvestasi dalam pendidikan anak usia dini adalah landasan untuk pembangunan berkelanjutan dan setara di Indonesia,” kata Gunilla Olsson, Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia, seperti rilis yang diterima redaksi.

Riset ilmiah mengenai perkembangan otak menunjukkan bahwa 90 persen otak anak sudah berkembang pada usia 5 tahun. Akses ke pengembangan dan pengasuhan anak dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak untuk memaksimalkan kemampuan belajar mereka di kemudian hari.

Program kemitraan ini akan bekerja dengan 200 fasilitator dan 100 pendidikan PAUD pemerintah untuk menguji coba model komprehensif belajar dan bermain untuk anak di wilayah terpencil. Bila sudah diuji, rencananya model ini akan direplikasi di wilayah-wilayah lain Indonesia untuk penerapan secara nasional.

Bukti menunjukkan bahwa perhatian terhadap perkembangan anak usia dini sangat mempengaruhi kesejahteraan, obesitas dan hambatan pertumbuhan, harapan hidup, kesehatan mental, kemampuan baca tulis, berhitung dan partisipasi ekonomi, semua yang memiliki implikasi penting bagi perkembangan ekonomi.

Program ini akan menyatukan pengetahuan sains terkini, pengalaman internasional dan pengalaman Indonesia untuk mengembangkan system yang praktis dan terjangkau untuk memberikan pendidikan terbaik bagi semua anak Indonesia.

Sekedar informasi tentang UNICEF adalah : UNICEF mempromosikan hak dan kesejahteraan setiap anak, dalam segala kegiatan. Bersama para mitra, UNICEF bekerja di 190 negara dan wilayah untuk menerjemahkan komitmen ke dalam tindakan praktis, dengan focus pada usaha khusus untuk menjangkau anak-anak yang paling membutuhkan dan terpinggirkan, untuk kebaikan semua anak, dimana saja.

Dan teentang MFAT sendiri adalah : Misi dari Program Bantuan Selandia Baru ini adalah mendukung pembangunan berkelanjutan di negara-negara berkembang untuk mengurangi kemiskinan dan berkontribusi untuk dunia yang lebih aman, setara dan sejahtera. (Red/Rihard)