Portugal Lolos ke Babak Final Eropa 2016

Jakarta, RadarOnline.id – Portugal resmi lolos ke Final Piala Eropa 2016 usah menang 2-0 lawan Wales dalam pertandingan semifinal di Stade des Lumieres, Lyon, Prancis.

Pada babak final, Portugal akan menghadapi pemenang antara Jerman kontra Prancis yang baru berlaga pada Jumat (8/7/2016) dini hari WIB. Berikut ini ulasan jalannya pertandingan.

Pertandingan babak pertama cenderung berjalan membosankan. Pasalnya, kedua tim lebih banyak menunggu lawan melakukan kesalahan dan melakukan serangan balik. Tak banyak peluang berbahaya yang berhasil diciptakan oleh kedua kubu yang berhadapan.

Dari delapan usaha yang dilakukan kedua negara, hanya satu tendangan yang tepat sasaran ke gawang. Momen ini terjadi pada menit ke-23. Gareth Bale melesat sendirian dan melakukan tusukan. Ia memutuskan melepas sepakan dari luar kotak penalti yang masih terlalu mudah untuk Rui Patricio.

Usai upaya tersebut, tak ada lagi aksi berbahaya yang dihasilkan oleh Portugal maupun Wales. Skor kacamata 0-0 bertahan hingga peluit berakhir babak pertama.

Cristiano Ronaldo akhirnya memecah kebuntuan pada babak kedua, tepanya menit ke-50 dengan menuntaskan umpan silang Raphael Guerrerio lewat tandukan keras yang gagal dihalau penjaga gawang.

Tiga menit berselang Portugal menggandakan keunggulan melalui aksi Nani yang sukses meneruskan tembakan Ronaldo. Kiper Wayne Hennessey kembali gagal mengantisipasi laju bola.

Kebobolan dua gol membuat pelatih Wales memutar otak dengan mengganti tiga pemain dalam kurun waktu delapan menit. Sam Vokes masuk menggantikan Joe Ledley, sementara Robson-Kanu keluar digantikan Simon Church, serta Jonathan Williams masuk menggantikan James Collins.

Portugal kembali mendapatkan peluang pada menit ke-70 melalui aksi Jose Fonte yang menyambut umpan sepak pojok Nani, tetapi tandukan bek tersebut berhasil dimentahkan kiper.

Wales terus berupaya memperkecil ketertinggalan. Bale melepaskan sepakan setengah voli pada menit ke-76, sayangnya bola masih bisa diredam kiper Rui Patricio.

Bale kembali menebar ancaman pada menit ke-81 lewat tembakan keras jarak jauh, namun penjaga gawang yang tampil gemilang sukses menepis si kulit bundar.

Ronaldo hampir menambah skor keunggulan Portugal pada menit ke-85 dengan melepaskan tendangan dari sudut sempit setelah menerobos area penalti Wales, tetapi sepakan bintang Real Madrid itu hanya membentur sisi luar gawang. (Ant/Res)