1 Syawal 1437 Hijriah Pada Hari Rabu

0
7

Jakarta, RadarOnline.id – Kementerian Agama resmi menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016. Kepastian tersebut diumumkan usai hilal dipastikan belum berada di atas ufuk hingga Senin (4/7/2016) sore tadi.

Kiyai Haji Ma’ruf Amin selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia mengatakan tahun ini tak ada perbedaan dalam merayakan Hari Raya Lebaran.
“Hari Raya Idul Fitri tahun ini insya Allah bersama-sama. Kita jadikan momentum ini sebagai pererat ukhuwah islamiyah,” kata Ma’ruf Amin di Kantor Kementerian Agama, Jalan M. H. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2016).

Dalam keterangannya, Ma’ruf Amin berharap momentum kebersamaan ini tak hanya terjadi dalam pelaksanaan Hari Raya Lebaran. Tapi, umat Islam diharapkan dapat senantiasa bersatu khususnya dalam menangani masalah strategis bangsa.

“Mari kita satukan kerangka berpikir. Kita satukan juga langkah kita. Insya Allah umat Islam ke depan sebagai unsur utama kehidupan berbangsa dan bernegara, jadi kekuatan menyatukan bangsa,” tambah Ma’ruf Amin.

Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2016 jatuh pada Rabu 6 Juli 2016. Keputusan ini diambil dalam sidang isbat setelah mendengar paparan dari petugas pemantau hilal di 90 titik di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan, berdasarkan paparan tim hisab dan rukyat Kementerian Agama dari planetarium Jakarta bahwa hilal pada 29 Ramadan atau 4 Juli di bawah ufuk berkisar minus 2 derajat 45 menit dan minus 0 derajat 49 menit.

Selain Menteri Agama dan Ma’ruf Amin, sidang isbat juga dihadiri para duta besar negara sahabat, Ketua Komisi VIII Ali Taher, pejabat eselon di Kemenag, serta perwakilan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan sejumlah Organisasi massa Islam Indonesia. (Azf/Yen)