Peringati HANI Wakil Wali Kota Depok Ikut Tes Urine

RadarOnline.id, KOTA DEPOK – Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang jatuh pada 26 Juni mendatang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok bekrja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, menggelar tes urine untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penggunaan narkoba di lingkungan pemerintahan. Jadi puluhan pejabat eselon II dan III menjalani pemeriksaan tes urine.

“Benar, bahwa tes ini dilakukan untuk menjaga adanya kemungkinan penggunaan narkoba. Kami bekerjasama dengan BNN Kota Depok untuk memberikan contoh kepada masyarakat, bahwa dari lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) sangat tidak menyetujui adanya penggunaan narkotika, baik di lingkungan pemerintahan maupun masyarakat,” ujar Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna kepada wartawan, Jum’at (24/6/2016), di Balaikota.

Menurut Pradi, bahwa pemeriksaan tes urine ini untuk berkelanjutan yang melibatkan seluruh ASN, tidak hanya pejabat eselon saja. Apabila ada yang positif menggunakan narkoba, akan diserahkan kepada aparat terkait untuk direhabilitasi.

“Alhamdulillah hasil saya negatif, jangan sampai terjerumus dan kenal obat-obatan terlarang,” tutur orang nomor dua di Kota Depok itu.

Sedangkan Kepala BNN Kota Depok, Muhammad Syaefudin Zuhri mengakui, bahwa berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan di Kota Depok merupakan pesan wajib yang ditegaskan oleh BNN Pusat. Kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh BNN se-Indonesia untuk melakukan kegiatan terhadap pemberantasan narkoba, termasuk tes urine bagi ASN

“Sosialisasi, pemberdayaan serta tes urine ini akan terus kami lakukan dalam rangka mengurangi atau menekan angka penyalahgunaan narkoba di Indonesia,” imbuhnya. (Maulana Said)