RZ Kirim Bantuan untuk Korban Bencana Rob Cikeusik

Pandeglang, RadarOnline – RZ (Rumah Zakat) cabang Kota Cilegon mengirimkan bantuan untuk korban bencana Rob Air Laut di wilayah Kec. Cikeusik, Kab. Pandeglang, Sabtu (11/6/2016) malam. Bantuan ini diberikan kepada 157 Kepala Keluarga yang terkena dampak bencana rob di wilayah tersebut.

Bencana rob yang menghancurkan sekitar 31 rumah warga ini, sudah terjadi sejak seminggu sebelumnya dan puncaknya terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis (09/6/2016). Ada dua wilayah yang mengalami dampak kerusakan berat yaitu Kampung Muara di RT 05 sebanyak 12 rumah dan RT 01 sebanyak 19 rumah. Warga yang rumahnya hancur bahkan lenyap dibawa ombak terpaksa harus diungsikan ke pengungsian sementara di belakang Polsek Cikeusik.

Bantuan yang diberikan yakni sembako terdiri dari 7 karung beras, 9 dus mie instan, 80 kaleng kornet Superqurban, 2 liter minyak goreng, 5 kg gula pasir, 2 botol saos, 4 dus teh, 4 botol kecap, 10 buah sabun, 2 buah pasta gigi, 8 kaleng biskuit, 1 dus air gelas, dan 2 dus susu kotak. Selain itu, RZ juga memberikan pelayanan kesehatan gratis dengan membawa dua orang dokter, obat-obatan, serta relawan untuk melakukan trauma healing.

“Setelah mendapatkan informasi mengenai bencana ini, kami langsung menyebar informasi tersebut ke beberapa donatur dan menghubungi para mitra untuk berpartisipasi dalam penggalangan dana bagi para korban rob. Alhamdulillah tanggapan mereka sangat baik,” papar Ali Nurhasan, Branch Manager RZ Kota Cilegon, Selasa (14/6/2016).

Hingga saat ini kondisi warga masih belum kondusif. Warga yang sehari-harinya bekerja menjadi nelayan pun belum bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Sementara Ato Martani (45), salah satu warga, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada RZ yang sudah datang dan memberikan bantuan. “Terima kasih RZ. Alhamdulillah bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami,” ujarnya. (Ren/Ran)