Italia Tekuk Belgia 2-0, Swedia-Irlandia Berimbang

Italia menang 2-0 atas Belgia.

Jakarta, Radaronline – Salah satu tim unggulan Italia memetik kemenangan penting pada laga perdananya di Piala Eropa 2016. Gli Azzurri sukses mengatasi perlawanan tim favorit lainnya Belgia dengan skor 2-0.

Pada pertandingan di Stade de Lyon, Lyon, Selasa (14/6/2016) dinihari WIB, Italia memasang trio Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini di lini belakang. Mereka berdiri di depan kiper veteran Gianluigi Buffon. Di lini depan, Italia menduetkan Eder dan Graziano Pelle.

Sementara itu, Belgia memasang bintang-bintangnya seperti Thibaut Courtois, Toby Alderweireld, Radja Nainggolan, Axel Witsel, Eden Hazard, Kevin De Bruyne, sampai Romelu Lukaku sejak menit awal.

Belgia mendominasi permainan, tapi mereka dihadapkan pada tembok tebal saat mendekati lini pertahanan Italia. Italia memang bertahan sangat disiplin dan membuat para pemain depan Belgia frustrasi.

Italia, yang lebih banyak mengandalkan serangan balik, unggul 1-0 di babak pertama melalui gol Emanuele Giaccherini pada menit ke-32. Tim besutan Antonio Conte itu kemudian memantapkan kemenangan mereka lewat gol Pelle di injury time.

Swedia – Irlandia Imbang

Dipertandingan lainnya di grup yang sama, Swedia dan Republik Irlandia berbagi angka di laga pertamanya di Grup E. Saling berbalas gol, kedua tim harus puas dengan hasil 1-1.

Dalam pertandingan di Stade de France, Senin (13/6/2016) malam WIB, Republik Irlandia lebih dominan di babak pertama. Sejumlah peluang diciptakan oleh tim arahan Martin O’Neill itu, tapi tak ada yang berbuah gol.

Sepanjang laga, Republik Irlandia tercatat melepaskan sembilan tembakan dengan empat di antaranya mengarah ke gawang. Sementara dari tujuh tembakan yang dilepaskan Swedia, tak ada yang on target.

Republik Irlandia lebih dulu membuka keunggulan di menit ke-48 lewat gol Wes Hoolahan. Swedia kemudian menyamakan kedudukan setelah Ciaran Clark mencetak gol bunuh diri di menit ke-71.

Berkat kemenangan Italia, untuk sementara Buffon dkk memimpin klasemen Grup E dengan poin tiga. Mereka ada di atas Swedia dan Republik Irlandia yang masing-masing punya poin satu. Belgia di posisi terbawah dengan poin nol. (Dt/Rbp)