Pengadaan Barang/Jasa di Kec. Cisauk Diduga Tidak Sesuai Aturan

Pemasangan Paving Blok Jl.Makam Kp.Kadumangu Desa Dangdang. (Foto : js/dok.radaronline)

Tangerang, RadarOnline – Proses pengadaan barang/jasa konstruksi yang dibiayai dari APBD Kabupaten Tangerang tahun 2016 di Kecamatan Cisauk diduga kuat telah melanggar aturan yang berlaku, yakni Perpres No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana telah diubah dengan Perpres No. 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Ke Empat Atas Perpres No. 54/2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Pengabaian atas aturan pengadaan itu terutama pada proses pemaketan kegiatan yang ‘sengaja’ dibuat dengan paket-paket kegiatan bernilai kurang dari Rp 200 juta untuk maksud menghindari lelang.

Dugaan pelanggaran atas Perpres No. 54/2010 tersebut muncul dari pantauan terhadap sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di beberapa desa di Kec. Cisauk. Ditemukan kegiatan yang berada di 1 lokasi, tetapi dipecah menjadi 2 judul kegiatan. Contohnya, Peningkatan Jalan Dangdang – Mekarwangi dengan konstruksi beton dan Saluran Drainase di lokasi yang sama, tetapi berbeda paket kegiatan.

Selain itu, ditemukan juga kegiatan Perkerasan Jalan Makam Kp. Kadumangu Desa Dangdang dengan panjang sekitar 300 meter dengan lebar 3,5 meter. Sebagian jalan perkerasan tersebut kemudian dibangun dengan Paving Blok dengan judul kegiatan yang berbeda.

Camat Cisauk, Bay Barokna yang dikonfirmasi terkait hal itu beberapa waktu lalu mengaku bahwa dirinya belum mengetahui seluruh kegiatan yang ada, sebab dia baru 2 bulan bertugas di Cisauk. “Saya belum tahu semua, saya baru 2 bulan bertugas disini,”katanya.

Kepala Seksi Pembangunan Kec. Cisauk, Masitoh yang dianggap sebagai pejabat yang lebih mengetahui seluruh kegiatan pembangunan di Kec. Cisauk, hingga kini tidak dapat ditemui untuk dikonfirmasi. Beberapa kali radaronline menyambangi Masitoh ke kantornya, terakhir Rabu (08/06/2016), selalu tidak membuahkan hasil. Pejabat yang satu ini tidak pernah berada di ruang kerjanya. Ruang kerja Masitoh bertuliskan ‘Kasie Pembangunan’ di lantai 2 kantor Kecamatan Cisauk selalu terkunci rapat. (Juara Simanjuntak)