Sejuta Pesona Kota Pringsewu di Pulau Sumatera

Pringsewu, RadarOnline – Pulau Sumatera merupakan pulau yang berada di bagian barat wilayah Indonesia. Pulau ini berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, membentang dari ujung Selat Sunda hingga Selat Benggala. Kontur wilayah yang elok dengan adanya Pegunungan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Flora dan Fauna hidup berdampingan disana.

Letak wilayah Kota Pringsewu berada di 104°45’25”-105°8’42” Bujur Timur (BT) dan 5°8’10”-5°34’27” Lintang Selatan (LS) yang merupakan kordinat wilayah Kabupaten Pringsewu. Luas Wilayah Kota Pringsewu yakni 50,37 Km2dari total luas Kabupaten Pringsewu 625 Km2, Luas Kabupaten tersebut hampir setara dengan Luas Negara Singapura sebesar 719,1 Km2,semoga memiliki tingkat kemajuan yang hampir sama dengan negara Singapura yang merupakan pusat keuangan terdepan keempat di dunia. Kota Pringsewu merupakan Kota yang berada di tengah-tengah dan dikelilingi oleh 4 Kabupaten disekitarnya, sehingga Pringsewu layak dijadikan Pusat Perekonomian-Perdagangan-Jasa. Keempat Kabupaten tersebut yakni Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu sendiri, serta Seputih Timur yang sudah mendeklarasikan sebagai daerah otonomi baru.

Kota Pringsewu merupakan sebuah Kota yang sedang berkembang pesat di wilayah Sumatera. Kota tersebut merupakan Ibukota Kabupaten Pringsewu yang diresmikan pada tahun 2008 oleh Kementerian Dalam Negeri. Kota Pringsewu merupakan Kota Utama di Kabupaten Pringsewu, dengan disangga oleh 4 Kota Agropolitan dan Minapolitan. Kota Penyangga dari bagian barat terdapat Kota Gadingrejo, Bagian Selatan Kota Ambarawa, Bagian Utara Kota Sukoharjo, sedangkan Bagian Barat terdapat Kota Pagelaran. Keempat Kota tersebut difungsikan sebagai Kota penyangga utama dari berbagai aspek seperti, Pendidikan, Pertanian, Perekonomian, Jasa, dan sebagainya.

Sektor Unggulan Kota Pringsewu memiliki beragam aspek. Sektor Jasa menjadi salah satu yang utama di Kota ini. Perbankan multinasional berjejer rapi di ruas utama Kota, seperti di Kawasan Jalan Jendral Ahmad Yani, Jalan Jendral Sudirman, serta Jalan KH. Ghalib. Bank yang berada di Kota Pringsewu terdapat lebih dari 23 Bank yang ada, beberapa Bank Besar seperti BCA, Mandiri, BNI, BRI tentu sudah pasti ada di Kota ini. Jajaran pertokoan di Kota ini sudahlah seperti Kota Metropolitan, dapat ditemukan juga Franchiseseperti KFC, Holland Bakery, Mall Chandra, Bimbingan Belajar Ganesha Operation, Nurul Fikri, Primagama, Al-Qolam, SSC, dan masih banyak lainnya.

Kota ini juga dikenal sebagai Kota Pelajar, hal tersebut dikarenakan setiap pagi, siang dan sore jalanan utama Kota dipadati oleh para pelajar, baik siswa-siswi maupun mahasiswa-mahasiswi yang akan menuju sekolah dan kampusnya masing-masing. Kota Pringsewu memiliki sekolah-sekolah unggulan yang kualitasnya sudah teruji baik di tingkat nasional maupun internasional, dari mulai taman kanak-kanak sampai sekolah lanjutan tingkat atas, tidak lupa juga Pringsewu juga baru memiliki Perguruan Tinggi Negeri, Akademi Komunitas Negeri Pringsewu. Perguruan Tinggi Swasta juga banyak terdapat di Kota ini, dari mulai bidang Keguruan, Keagamaan, sampai dengan Keperawatan ada di Kota ini.

Sejarah mencatat Pringsewu memiliki Pahlawan yang juga dinamai sebuah Jalan di Kota Pringsewu, nama sekolah, serta pesantren, bernama KH Ghalib. Pahlawan tersebut merupakan seorang ulama yang berani melawan Penjajah Belanda dan Jepang dikala sebelum kemerdekaan, beliau merupakan putra kelahiran tahun 1899 dari daerah Modjosantren, Krian, Sidoharjo, Jawa Timur dan Hijrah ke Pringsewu pada tahun 1927 untuk berdakwah dan mewalan penjajah. Pringsewu menjadi tujuan masyarakat dari berbagai penjuru Sumatera untuk menimba ilmu agama sejak adanya beliau.

Wisata di Kota Pringsewu sendiri tentu sangatlah menarik. Kota ini memiliki Hutan Kota, Wisata Talang Indah yang merupakan Talang peninggalan Belanda, Goa Maria yang ketiganya berada di Kelurahan Pajaresuk dan Bumiarum. Wisata lainnya yakni Kafe Misbar (Gerimis Bubar) sebutan akrab masyarakat setempat, karena apabila gerimis datang maka kafe-kafe tersebut akan tutup. Kafe tersebut berada di sepanjang Rest Area Pringsewu dari Tugu Gajah hingga Tugu Bambu Selamat Datang yang melengkung seperti bambu aslinya.

Hamparan sawah hijau luas nan indah serta di hiasi beberapa bebukitan menambah indah wisata alam di Kota ini. Kafe di kawasan ini menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman, seperti jagung bakar berbagai aneka minuman, dan tentunya dilengkapi fasilitas umum seperti Musholah, Kamar Mandi, serta Pusat Oleh-Oleh Khas Pringsewu. Wisata yang tentu tepat di Pusat Kota yakni berada di Kawasan Alun-Alun Kota Pringsewu, tepatnya di Pendopo, keluarga dan anak-anak dapat bermain secara gembira disini, hal tersebut karena kawasan ini dilengkapi oleh kafe, serta arena bermain yang lengkap.

Ragam kuliner nusantara adalah hal yang wajib setiap pengunjung jajakan di Kota Pringsewu. Kota ini juga kaya akan kulinernya seperti Ayam Bakar yang sangat terkenal Ayam Bakar Mas Pendek dan Ayam Bakar Mas Gendut, namanya sudah terkenal di berbagai penjuru Kota di Pringsewu. Kuliner lainnya juga dapat ditemui berbagai macam Bakso Khas Pringsewu yang berada di Kawasan Alun-Alun Pendopo Pringsewu. Sepanjang Jalan Jendral Sudirman dan Ahmad Yani juga dengan mudah ditemui berbagai makanan khas nusantara seperti Ketoprak, Martabak, Mei Ayam, Pangsit, Sate dan masih banyak lainnya, dapat ditemukan sejak sore hari hingga tengah malam.

Kebudayaan Pringsewu memiliki beragam budaya yang ada dari bernagai nusantara. Setiap tahunnya dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Pringsewu diadakan Pawai Budaya di Kota Pringsewu, menampilkan berbagai budaya yang ada. Masyarakat Pringsewu berasal dari berbagai suku, seperti Jawa yang berasal dari Jawa Tengah dan Timur, sunda yang berasal dari Jawa Barat, Lampung sendiri, Jawa Serang yang bersal dari Banten, Minang yang berasal dari Sumatera Barat, Batak yang berasal dari Sumatera Utara, Komering, Sumendo yang berasal dari sekitar Sumatera Selatan dan masih banyak lainnya.

Transportasi umum di wilayah Kota Pringsewu dapat dikatakan cukup lengkap. Transportasi umum yang tersedia meliputi Angkutan Kota (Angkot), Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKAP), Bus Antar Daerah, serta tidak lupa terdapat becak untuk keliling Kota. Bus di Kota ini setiap harinya melayani perjalanan ke Kota-Kota Besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, serta dalam beberapa hari dalam seminggu ke Yogyakarta, Palembang serta Kota lainnya. (*AP/Kominfo MIDUS IPB/YEN)

NO COMMENTS