Siswa SMP Juara Pekanbaru Selenggarakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat

Radar Online.id, PEKANBARU – Siswa SMP Juara Pekanbaru binaan RZ (Rumah Zakat) menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diperuntukkan seluruh siswa dalam rangka mengisi hari liburan usai Ujian Nasional (UN) yang dilaksanakan sejak Kamis (5/5/2016) hingga Kamis (12/5/2016) kemarin.

Sekolah memberikan penghargaan kepada siswa yang berhasil melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dari total 20 siswa yang ikut, sebanyak 8 orang mendapatkan penghargaan karena telah berhasil memenuhi kriteria penilaian dari sekolah dengan menuntaskan pengabdian dan membuat laporan tertulis serta memiliki bukti foto.

Kedelapan siswa yang mendapat penghargaan tersebut yakni Selawe, Mutia Floresa, Amel, Megawati, Anisa Yasmin, Melni Delva, Silvina dan Sri Khairani. Selawe berhasil meraih juara 1, Mutia menjadi juara 2 sedangkan Anisa meraih juara 3.

Seperti pengalaman yang dilakukan Selawe yang memanfaatkan waktu liburnya untuk mengabdi selama 4 hari berupa mengajar anak-anak di MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) Mu’alimin. “Murid-murid di MDTA sangat antusias dan pintar-pintar, terlebih lagi saya sangat menyukai anak-anak. Kesan yang didapatkan selama mengabdi adalah bisa banyak belajar tentang teknik mengajar anak-anak, mengetahui suka dan dukanya, dan bisa berbagi amal jariyah kepada mereka semua,” tutur Selawe, Kamis (19/5/2016).

Berbeda dengan Selawe, Mutia Floresa memiliki pengalamannya tersendiri saat mengajar di PDTA, meskipun termasuk anak yang pendiam, ia termotivasi melaksanakan pengabdiannya agar bisa lebih berani berbicara di depan banyak orang. “Alhamdulillah saya bisa memberikan ilmu yang saya miliki kepada adik-adik di PDTA dengan baik,” ujarnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat sudah dilaksanakan hampir sebagian dari siswa. Rencananya kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan di waktu mendatang. “Semoga bisa menambah pengalaman para siswa dan menjadi penyemangat untuk bisa terus berbagi sehingga bisa meningkatkan empati dan bertambah kemampuannya dalam bersosialisasi di masyarakat yang lebih luas,” papar Syahrul Padilah, Kepala Sekolah SMP Juara Pekanbaru. (Ren/Ran)