Polisi Tangkap Dukun Pelaku Penipuan

RadarOnline.id, SITUBONDO – Teddy Rahmad alias Gus Anom (23), seorang yang mengaku dukun namun merupakan pelaku penipuan dengan bermodus menggadakan uang, aksi itu membuat ia meraup keuntungan Rp 1,3 miliar. Kasat Reskrim Polres Situbondo, AKP Riyanto, mengatakan tersangka Tedi kami tangkap di rumahnya di Desa/Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (22/3) dini hari tadi. 

Tersangka yang akrab di panggil Gus Anom tersebut memperdayai korbannya dengan cara mengiming-imingi bisa melipatgandakan uang pecahan seratus ribu hingga menjadi ratusan miliar. Namun para korban harus terlebih dahulu membayar mahar.

Dalam aksinya terasangka dibantu oleh beberapa orang temannya dengan maksud agar korban, yakin dan percaya kepada tersangka yang menjanjikan bisa menggandakan uang.

Gatot Mulyono,  salah satu korban, warga Palu, Sulawesi Tengah. Awalnya melapor ke Polda Jatim. “Namun karena TKP saat ritual di Situbondo akhirnya kami diminta untuk menidaklanjuti kasus penipuan ini,” tutur Riyanto.

Tersangka mengakui aksi penipuan ini dilaksanakan dengan melakukan ritual disebuah villa di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, beberapa waktu lalu.  Untuk memuluskan aksinya, pelaku juga menggunakan berbagai jenis benda pusaka, seperti keris dan pusaka.   “Pelaku menipu korbannya sebesar Rp 1,3 miliar. Uang tersebut akan dilipatgandakan menjadi ratusan miliar. Namun hingga jatuh tempo uang yang di janjikan tak pernah ada sehingga korban melapor ke Polda Jatim. Polisi menyita benda-benda pusaka, sejumlah rekening dan ATM berbagai bank yang di pergunakan untuk menampung pengiriman dari para korbannya,”  tandas Riyanto. (Jumiati)

NO COMMENTS