SMP Wahyu Makassar Juara Umum YSS Competition

RadarOnline.id, MAKASSAR – Pramuka punya potensi besar untuk menjadi pilihan kegiatan yang positif dan menarik bagi anak-anak dan para remaja. Ibarat api dalam sekam, hanya perlu sedikit pemantik untuk kembali menggelorakan Pramuka. Salah satunya melalui kegiatan Yos sudarso Scout Competition (YSC) 2016,   YSC merupakan aktivitas Pramuka sekaligus berkompetisi yang seru untuk anak didik (Penggalang) yang duduk di bangku SMP , Diadakan tingkatan se-kota Makassar.

YSC ke – 6 tahun 2016 yang diadakan oleh Yayasan Hang Tuah cabang Makassar, mulai dari tanggal 11 s.d 13 Maret 2016 bertempat dilokasi Sekolah Yayasan Pendidikan Hang tuah Cabang Makassar resmi ditutup pada hari Minggu tanggal 13 Maret 2016. Kegiatan Yos Sudarso YSC ke-6 tahun 2016 ini diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Yayasan Hang Tuah yang ke – 31 dengan kegiatan lomba Pramuka tingkat Penggalang (SMP) yang diikuti oleh 16 sekolah se-Sulawesi Selatan.

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksma TNI Yusul,SE,MM sebagai pelindung Yayasan Hang Tuah  sangat mengapresiasi pihak SMP Hang Tuah  dalam menggairahkan kembali kegiatan Pramuka di Kota Makassar. ”Kami terharu, bangga sekaligus berterimakasih kepada Ketua Yayasan Hang Tuah, Endang Yusup dan Kepsek SMP  Hang Tuah  atas kepeduliannya mengembangkan Pramuka melalui program YSC  ini,” ujar Danlantamal VI.

”YSC ini sangat berguna, bermanfaat dan bisa lebih menggairahkan kegiatan pramuka di kalangan anak-anak,” tambahnya.

”Pramuka itu potensinya luar biasa, tidak ada kegiatan yang potensinya lebih besar dan punya dampak positif dibandingkan Pramuka. Sebab, di Pramuka anak-anak bisa langsung diajarkan ketrampilan, ketangkasan, kerjasama dan pembentukan karakter yang mungkin tak cukup didapatkan dari sekolah saja,” ujar orang nomor satu di Lantamal VI ini.

Adapun jenis lomba yang dilaksanakan dalam kompetisi lomba YSC Tingkat Penggalang tahun 2016 ini terbagi dua bagian, yaitu lomba Teknik Kepramukaan dan Non Teknik Kepramukaan.

Lomba Teknik Kepramukaan terdiri dari lomba keterampilan Baris-berbaris (Pa & Pi), lomba Tandu (Pa & Pi), lomba Menara Kaki Tiga (Pa & Pi), lomba Menara Kaki Tiga Pyramid (Pa & Pi), Lomba Menara Kaki Empat (Pa & Pi), lomba Tiang Bendera (Pa & Pi), lomba Pengetahuan Pramuka (Pa & Pi), lomba Morse Bendera (Pa & Pi), lomba Parade Semaphore (Gabungan) dan lomba Cerdas Cermat (Gabungan), Sedangkan unutk lomba Non Teknik Kepramukaan yaitu lomba Adzan (Putra), Lomba Al Quran Buta (Putri), lomba Kemampuan Indra Manusia (Pa & Pi), lomba Hasta Karya  (Pi), lomba Kue Tradisional (Putra) dan lomba Vocal Group (Gabungan).

Sebagai juara umum tingkat SMP yaitu untuk putra juara I diraih SMP Wahyu Makassar, Juara ke II diraih SMP Negeri 5 Makassar dan Juara ke III diraih SMP Negeri 6 Makassar sedangkan untuk putri diraih SMP Negeri 3 Makassar, Juara ke II diraih SMP Negeri 5 Makassar dan Juara ke III diraih SMP Negeri 21 Makassar.

Masing – masing sekolah juara umum tersebut mendapatkan Piala bergilir, piala tetap, uang pembinaan, plakat dan piagam serta uang pembinaan untuk para peserta. (Bachtiar Barisallang)

NO COMMENTS