Gerai Samsat Pasar Kemis “Legalkan” Pungli Acc BPKB

0
21

(Foto : dok.radaronline).

Tangerang, Radaronline     –     Gerai Samsat Pasar Kemis nampaknya menggap legal atau resmi pungutan liar (pungli) atas biaya Acc BPKB (Buku Pemilik Kendandaraan Bermotor). Adapun biaya Acc BPKB yang dimaksud yaitu bagi wajib pajak (WP) yang melakukan pembayayaran pajak kendaraan bermotor tetapi tidak dapat menunjukkan BPKB karena masih dalam keadaan kredit maka harus melakukan Acc BPKB dengan biaya Rp. 25.000.

Ketika hal tersebut diatas dikonfirmasi oleh Radaronline, kepada petugas yang ada diloket Gerai Samsat Pasarkemis, pegawai yang tidak mau menyebutkan identitasnya tersebut mengatakan kita mengacu kepada aturan dan itu yang kita terapkan. “Kami hanya pelaksana. Silakan konfirmasi ke pimpinan,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Legiman selaku wajib pajak yang ditemui Radaronline sehabis melakukan pembayaran pajak, membenarkan akan adanya pungutan biaya Acc BPKB tersebut. “Iya. Saya bayar Acc BPKB Rp. 25.000, soalnya BPKB belum ada. Kan masih kredit,” katanya.

Ketika disinggung apakah kalau sudah mengambil surat keterangan dari leasing yang sudah disrtai dengan fotocopy BPKB masih tetap bayar biaya Acc BPKB. “Sama aja tetap bayar,” tandas Legiman, kepada Radaronline.   (Rodi Sitio)