Resah Ajaran Sesat, Pendeta Minta PD Oikumene Kasih Dibubarkan

Surabaya, Radaronline    –   Resah dengan ajaran yang diduga menyimpang dan sesat, beberapa pendeta mengadukan sebuah persekutuan doa (PD) Oikumene Kasih ke Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag). Mereka menuntut agar PD yang dianggap telah bertentangan dengan ajaran-ajaran agama Kristen ini dibubarkan.

Seperti diutarakan Pendeta Yasin Wijaya, salah satu pelapor menyatakan ajaran dari PD Oikumene Kasih yang dipimpin Debora Helmi sudah cukup meresahkan kalangan gereja. Sebab, apa yang diajarkan dalam PD tersebut, justru dianggapnya bertentangan dengan ajaran agama kristen yang selama ini ada.

Ia mencontohkan, ada salah satu jemaat dari PD pimpinan Deborah ini, yang tiba-tiba disuruh bercerai oleh Deborah. Alasannya, Deborah mengaku mendapatkan bisikan dari tuhan agar pasangan suami istri tersebut bercerai. Disatu sisi, sang pimpinan tiba-tiba juga ikut bercerai dengan suaminya, dengan alasan bisikan tuhan.

“Anehnya, setelah masing-masing bercerai, ibu Deborah ini mengaku mendapatkan perintah dari tuhan untuk mengawini jemaatnya yang disuruh bercerai tadi,” ujar Pendeta Yasin Wijaya.

Ia menambahkan, perintah tuhan yang disebutkan Deborah inilah yang dianggapnya bertentangan dengan ajaran agama Kristen. Sebab, dalam ajaran agamanya orang Kristen tidak boleh bercerai, apalagi menyuruh orang untuk bercerai. Selain ajaran menyimpang tersebut, ada ajaran lain yang juga dianggapnya cukup menyesatkan. Ia mencontohkan, beberapa jemaat PD ini, juga melarang anak-anak untuk berbakti pada orang tua mereka yang bukan merupakan jemaat.

“Tidak ada dalam ajaran Kristen seperti ini. Justru anak-anak itu harus berbakti pada orang tuanya,” tambah Pendeta Yasin Wijaya.

Sementara itu, menanggapi laporan ini, Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Surabaya, Pendeta Sudhi Dharma menyatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui persoalan tersebut jauh hari. Ia mengaku, selain beberapa pendeta, ada juga beberapa laporan yang berasal dari keluarga korban.

Setelah melakukan penelitian, pihaknya pun berkesimpulan jika PD Oikumene Kasih pimpinan Debora Helmi telah menyimpang dari ajaran agama Kristen sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melaporkan kasus tersebut ke Kementerian Agama dan Bakesbangpol Linmas. “Kita akan laporkan supaya PD Oikumene Kasih pimpinan Debora Helmi ini dibubarkan,” tegas Pendeta Yasin Wijaya.   (Harifin)

NO COMMENTS