Putra UPH Hadapi UAJY di Semi Final

Bandung, Radaronline    –   Tim basket putra Universitas Pelita Harapan (UPH) berhasil lolos ke babak semi final usai kalahkan Universitas Airlangga (UA), 80-36 pada laga delapan besar LIMA Basketball Nationals yang dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung, Kamis (18/02/2016).

Pada laga ini, pelatih UPH, Coach Stephen Mecalfe langsung menurunkan Christian (1), Cassiopeia (3), Rivaldo (7), Steven Oi (9) dan Kennard di awal laga. Sementara itu, lima pemain pilar UA diperkuat oleh Septian (5), Anindya (6), Vanondya, (11), Anggara (14) dan Zulhiyana (16).

Turun dengan mengenakan kostum putih-putih, UPH langsung tampilkan permainan cepat sejak jump ball dilakukan. Namun, tembakan dua angka Anindya mampu membawa UA unggul terlebih dahulu. Keunggulan UA tak berlangsung lama saat Christian, Ferdian dan Kennard mampu melesatkan tembakan dua angka secara berturut-turut. Alhasil skor 6-2 bagi keunggulan UPH masih tetap bertahan hingga paruh kuarter ini.

Lima menit selanjuntya, para pemain UPH yang masih membaca gaya permaian UA terlihat masih sering gagal dalam melakukan penyelsaian akhir. Hasilnya, UPH hanya mampu menambah delapan poin lewat tembakan Rivaldo, Andrian dan Christian, 14-6.

Memasuki kuarter kedua, Coach met yang nampaknya sudah paham akan permaian UA mampu mengubah permainan anak asuhnya menjadi lebih mudah dalam mengahasilkan poin dikuarter ini. Rivaldo tampil menonjol dengan mencetak delapan poin dan empat rebound. Sementara itu, serangan yang dibangun UA terlihat jarang sekali masuk kedalam paint area. Hasilnya, UA hanya mampu menciptakan sembilan poin, sedangkan UPH 29 poin. Tambahan 29 poin, sekaligus memperlebar jarak keunggulan UPH di kaurter ini menjadi 40-15.

Memiliki materi pemain yang lengkap, Coach Met terlihat lebih sering melakukan rotasi di kuarter ketiga ini. Nampak tak ada yang berbeda saat Coach Met memasukan pemain keduanya. Mereka bermain dengan maksimal, baik dalam keadaan menyerang maupun bertahan. Hasilnya, tambahan 20 poin dikuarter ini tak mampu dibendung Anindya dkk. dan mengubah skor menjadi 60-31.

Meski unggul dengan margin yang cukup jauh. UPH terlihat tidak mengendurkan tempo permainan di kuarter akhir ini. Peluang demi peluang yang mereka dapatkan mampu diselesaikan dengan sempurna. Hingga akhirnya pasukan Eagles ini mampu menyudahi laga dengan kemenangan 80-36.

Pada laga ini, pemain UPH, Rivaldo mampu mencetak double-double dari torehan 15 poin dan 13 rebound. Penampilan apik Rivaldo juga diikuti rekan setimnya, Christian yang mampu mencetak 10 poin dan empat rebound.

“Pertandingan ini saya akui cukup melelahkan, mereka mampu bermain dengan baik bahkan sempat membuat kami kerepotan di kuarter awal,” ujar Rivaldo.

Sementara kekalahan UA di babak delapan besar ini diakui Coach Aries karena lengkapnya materi pemain UPH.

“UPH bermain dengan sangat baik. Materi pemain UPH lengkap bahkan sampai ke pamain benchnya. Keadaan itulah yang membuat fisik para pemain saya habis dan akhirnya harus merelakan kemenangan ini,” kata Coach Aries.

Dengan kemenangan ini, maka UPH akan berhadapan dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) di babak semi final LIMA Basketball Nationals. Pertandingan semi final tersebut akan kembali dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung.  (PrLm/Ran).

 

NO COMMENTS