Kalahkan Udinus, ITHB Bertemu Unpar di Delapan Besar

Bandung, Radaronline    –    Tim basket putra Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) raih juara Pul C usai kalahkan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), 82-52 pada laga lanjutan LIMA Basketball Nationals yang dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung, Rabu (17/02/2016).

Pada laga penentuan juara Pul ini, pelatih ITHB, Coach Ricky, langsung menurunkan Daniel Anggoro (1), Agung Pamungkas (4), kapten Jani (9), Fatahillah (13) dan Reza (19) di awal laga. sementara itu lima pemain pilar Udinus kembali diperkuat Raymound (7), Indra (9), Yunico (12), kapten Alfon (14) dan Vandy (17).

Kedua tim yang sama-sama berambisi meraih kemenangan di laga ini langsung tampil dengan tempo permainan cepat. Pemain Udinus, Raymond mampu buka keunggulan melalui satu bola tembakan bebas. Poin dari Raymond langsung dibalas Daniel lewat lesatan dua angka. Setelah itu, kejar-mengejar poin terus tersaji hingga pertengahan kuarter ini.

Lima menit selanjutnya, ITHB yang masih diperkuat lima pemain pilarnya mulai terlihat lebih mendominasi jalannya pertandingan. Penampilan Reza sangat mencolok di awal kuarter ini. Mengandalakan tinggi badan yang ia punya, Reza mampu mencatatkan enam poin dan tujuh rebound. Tak hanya Reza, Temmy, Rudyanto, Wijaya dan Pamungka juga turut berkontribusi dalam mendulang poin ITHB di awal kuarter ini. Alhasil, ITHB mampu menutup kuarter pertama ini dengan keunggulan 12 poin, 23-11.

Memasuki kuarter kedua, ITHB yang didukung langsung para supporternya kembali tampil dengan baik. Gaya main yang mengandalkan operan cepat, terus menekan dan tembakan-tembakan jitu masih terus diperagakan tim berjuluk Arrows ini. Sementara itu, Udinus yang tertekan terlihat tidak menyerah dengan terus berusaha menciptakan poin. Namun, baiknya pertahanan Arrows yang dimotori oleh Fatahilah membuat peluang Udinus hanya mampu diciptakan malalui tembakan-tembakan jarak jauh. Hingga akhirnya, 23 poin kembali tercipta bagi ITHB di kuarter ini, sementara Udinus hanya mampu mencetak 15 poin. Tambahan 23 poin bagi ITHB sekaligus memperlebar keunggulan poin mereka menjadi 46-26 di kuarter ini.

Unggul dengan margin yang cukup jauh, Coach Ricky terlihat sering kali melakukan rotasi para pemainnya di kuarter ini. Namun, sama baiknya kualitas antara materi pemain lini pertama dan kedua ITHB, tak membuat permainan ITHB terlihat berbeda. Hasilnya, lagi-lagi pasukan Arrows ini mampu menciptakan 23 poin di kuarter ini. Tambahan poin tersebut membuat perolehan poin ITHB semakin menjauh dikuarter ketiga ini, 69-40.

Di kuarter keempat, permaianan ITHB terlihat mulai menurunkan tempo permainannya. Alhasil, di kuarter akhir ini ITHB hanya mampu menghasilkan 13 poin. Tambahan 13 poin tersebut sekaligus mengantarkan ITHB berhasil meraih juara Pul C setelah menyudahi laga ini dengan keunggulan 82-52.

Pada laga ini, pemain ITHB, Reza (19) kembali berhasil mencatatkan efektifitas tertinggi dari torehan 23 poin dan 17 rebound, sementara dari pemain Udinus, Indra (9) juga tampi baik dengan menghasilkan 15 poin dan sembilan rebound.

“Saya rasa kunci kemenangan kami pada laga ini berkat disiplinnya teman-teman dalam menjalankan instruksi yang diberikan pelatih,” ujar Reza, pemain yang mampu mencetak efektifitas tertinggi pada laga ini.

Pada pertandingan selanjutnya, ITHB yang berstatus sebagai juara Pul C akan berhadapan dengan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang pada pertandingan tadi harus menerima kelahan atas Universitas Atma Jaya (UAJY). Sebaliknya, Udinus akan menghadapi UAJY. Kedua pertandingan delapan besar tersebut akan kembali dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung, Kamis 18/02/2016).  (PrLm/Ran)

 

NO COMMENTS