UEU Raih Kemenangan di Laga Keduanya

Bandung, Radaronline   –   Tim basket putri Universitas Esa Unggul (UEU) kembali raih kemenangan keduanya usai kalahkan runner-up Central Java & Yogyakarta Conference, Universitas Diponegoro (Undip) dengan skor 76-27 pada laga lanjutan Pul X LIMA Basketball Nationals yang dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung, Selasa (16/02/2016).

Melakoni laga keduanya, pelatih UEU, Coach Parna Abrizalt langsung menurunkan Anjelin (6), Zalrina (9), Sien Marthina (10), Anne (18) dan Dora Lovita (23) di awal laga. Sementara itu, starting five tim Undip kembali mempercayai Lisania (11), Florence (5), Federika (9), Katherine (12) dan Tarina (13).

Kedua tim yang sama-sama mengincar kemenangan pada laga ini langsung tampilkan permainan cepat sejak jump ball dilakukan. Di kuarter awal ini, Undip mampu unggul terlebih dahulu melalui tembakan bebas Federika. Namun, keunggulan Undip tak berlangsung lama. Selang beberapa menit Dora dkk. mampu membalikan kedudukan. Skor 8-3 bagi keunggulan masih bertahan hingg paruh kuarter awal ini.

Lima menit selanjutnya, Coach  Jali, sapaan akrab pelatih UEU, terlihat belum puas dengan penampilan anak asuhnya. Instruksi keras yang dilontarkan pelatih bertubuh gempal tersebut nampaknya membuat permaian UEU mampu menjaga keunggulan mereka hingga dipengujung kuarter awal ini dengan Skor 15-8.

Memasuki kuarter kedua, permainan The Swans semakin menggila. Dora Lovita, Anne, Pratita dan Anjelin mampu membuat perolehan poin mereka semakin bertambah. Sementara itu, permainan Undip yang mengandalkan kecepatan Federika terlihat beberapa kali kandas di area pertahanan The Swans. Di kuarter ini, The Swans mampu memperlebar margin keunggulan mereka dengan mencetak 24 poin, sementara Undip hanya mampu menghasilkan sembilan poin. Skor 39-17 bagi keunggulan UEU pun masih terus bertahan hingga kuarter kedua ini usai.

Usai istirahat dengan waktu sepuluh menit, kedua tim kembali turun di kuarter ketiga ini dengan diperkuat pemain pilarnya. Undip yang mengenakan kostum hitam-hitam pada laga ini terlihat lebih agresif dalam melakukan serangan. Namun, kokohnya penjagaan The Swans yang dimotori oleh Dora Lovita dan Sari membuat sejumlah peluang anak asuh Coach Eko ini kembali tak mampu membuahkan poin. Hanya delapan poin yang mampu dihasilkan Undip pada kauarter ini, sementara perolehan poin The Swans terus melesat lewat tambahan 19 poin di kuarter ini dan mengubah skor menjadi 58-25.

Unggul dengan margin cukup jauh, dimanfaatkan Coach jali untuk terus melakukan rotasi pemain di kuarter akhir ini. Materi pemain yang merata tak membuat perbedaan yang berarti bagi penampilan The Swans. Hingga akhirnya, anak asuh Coach Anto ini harus mengakui keunggulan pasukan The Swans yang mampu menyudahi laga ini dengan keunggulan 76-27.

Pada laga ini, pemain UEU, Dora Lovita berhasil catatakan efektifitas tertinggi lewat torehan 15 points, delapan rebounds dan tiga assists. Penampilan apik Dora di laga ini diikuti rekan setimnya yakni Pratita yang menghasilkan 12 points, tiga rebounds dan satu assist.

“Saya menilai permaianan kami di pertandingan kedua ini lebih baik dari kemarin, meskipun ada beberapan kesalahan kecil yang masih sering kami lakukan. Menghadapi Ubaya dipertandingan selanjutnya, kami akan tampil semaksimal mungkin, mengingat kami pernah dikalahkan Ubaya di final LIMA nasional musim lalu,” ujar Dora Lovita, peraih MVP LIMA Basketball Greater Jakarta Conference.

Sementara itu kekalahan kedua Undip diakui Coach Eko karena kurang siapnya materi pemain untuk menghadapi UEU.

“Kekalahan kami dipertandingan tadi jelas karena faktor pemain kami yang tidak semerata tim UEU. Hasilnya, strategi yang saya terapkan tidak berjalan dengan baik,” tuturnya.

Kemenangan besar The Swans di laga keduanya ini membuat tim asal Jakarta ini terus menjaga kans mereka untuk dapat lolos ke babak selanjutnya. Sementara itu, kekalahan kedua yang dialami tim Undip membuat peluang mereka untuk lolos ke babak selanjuntya semakin tipis.

Pertandingan selanjutnya, tim UEU akan berhadapan dengan Univeristas Surabaya (Ubaya), sementara Undip akan melakoni laga terakahirnya kontra Universitas Hasanuddin (Unhas). Kedua pertandingan Pul X LIMA Basketball Nationals tersebut akan kembali dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung, pada Rabu (17/02/2016).  (PrLm/Ran)