Waspada DBD Dimusim Hujan

Surabaya, Radaronline
Dinas kesehatan Jawa Timur (Jatim) mewaspadai jika musim hujan terjadi lebih lama dikhawatirkan akan terjadi lonjakan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Harsono, mengatakan hingga saat ini memang di seluruh kabupaten atau kota di Jatim telah terjangkit infeksi DBD. Namun belum mengarah ke kondisi luar biasa.

“Sementara ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim hanya melakukan pendampingan dan pengawasan, serta mencatat data epidemologi yang terjadi dalam kasus DBD, dan memberikan bantuan logistik untuk penanggulangan DBD berupa larvasida cair dan insektida,” jelas Harsono, Kamis (04/02/2016).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Jatim hingga hari ini, sebanyak 2378 kasus DBD terjadi di 38 kabupaten atau kota di Jatim dengan jumlah meninggal 45 orang. “Di banding bulan Januari 2015 lalu mencapai 4584 kasus. Jumlah tahun ini di bulan yang sama lebih rendah,” tandas mantan Bupati nNgawi tersebut.

Harsono menambahkan, jumlah terbanyak, yaitu di Kabupaten Jombang 250 kasus, Kab. Pacitan 167 kasus, Kab. Banyuwangi 142 kasus, Kab. Trenggalek 113 kasus dan Kab. Sumenep 111 kasus. Jumlah kematian terbanyak yaitu di Kab. Jombang 8 orang, Kab. Kediri 4 orang, Kab. Mojokerto 3 orang dan Kab. Malang 3 orang,” ungkapnya. (Jumiati)

NO COMMENTS