Wisata Menarik di Kampung Kera Nepa

Surabaya, Radaronline
Pulau Madura kaya akan hasil lautnya keunikan budaya dan keragaman kulinernya pun menambah daya tarik bagi wisatawan asing maupun local untuk berkunjung kesana. Di Pulau Madura terdapat kampung yang dihuni oleh ribuan kera berekor panjang yang diberi nama Kampong Kera Nepa.

Kampung Kera terdapat di Desa Nipah, Kecamatan Banyuates , Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, adalah kampong yang konon katanya kutukan. Inilah satu-satunya hutan di Madura yang dipenuhi oleh kawanan kera ekor panjang yang merupakan kawanan primata jinak dan lucu yang menjadikan Kampung Kera Nepa menjadi daya tarik wisatawan dari dalam maupun dari luar Madura.

Secara umum wilayah Kabupaten Sampang berupa daratan, terdapat satu pulau yang terpisah dari daratan bernama Pulau Mandangin/Pulau Kambing. Luas wilayah Kabupaten Sampang yang mencapai 1233,33 km2 habis dibagi menjadi 14 kecamatan dan 186 desa/ Kelurahan.

Dikampung kera Nepa para pengunjung bebas berinteraksi dengan kawanan kera, selain wisatawan juga bisa berbagai makanan, bahkan bisa juga berfoto bersama. Selain itu, bisa melihat keindahan pantai yang ada didekat hutan tersebut menambah suasana sejuk untuk melepas penat dari segala hingar bingar padatnya ibukota.

Ragam keunikan lain ihwal kampung kera adalah mitos yang merebak di masyarakat. Pasalnya, kawanan Kera Nepa ini merupakan jelmaan manusia yang terkena kutuk. Mitos lainnya menyebutkan adanya kerajaan kera di langit yang keberadaannya persis di atas alas Nipah, maka dari itu penduduk sekitar melindungi hutan dan pantai tersebut dari pemburu liar dan mengawasi penjual pasir karena warga khawatir bakal tertimpa balak dan musibah jika pantangan itu tidak di jaga baik-baik.

Satu hal lagi yang juga dipercayai masyarakat sekitar Desa Nipah adalah keberadaan makam Raden Segoro yang ada di dalam hutan Nepa. Kampung kera ini dibuka setiap hari dari jam 08.00 hingga 17.00 WIB sore secara gratis. Pengunjung hanya dibebankan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor, dan mobil Rp 7.000.

Nilai tambahan dari hutan kera Nepa yakni halaman balai didalam hutan yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Bahkan bagi pengunjung yang suka tantangan dan beraktivas di alam terbuka menjadi referensi untuk mengisi liburan.

Lokasi wisata lain yang terdapat di Kabupaten Sampang, diantaranya Pantai Camplong, Pantai Nipah, Air Terjun Toroan, Makam Ratu Ebu di Madegan dan Waduk Klampis di Kecamatan Kedundung.  (Rokim)