12 Ibu Hamil Terkena Virus HIV/AIDS

Jember, Radaronline 
Hati – hati penyebaran penyakit mematikan HIV/ Aids di Jember. Konon kini kondisinya cukup mengkhawatirkan lantaran pergaulan sex bebas. Penyakit ini menggerogoti kekebalan tubuh manusia yang tidak pandang bulu muda maupun usia tua. Bahkan kini banyak ibu- ibu rumah tangga.

Klinik VCT.RSD Dr. Soebandi sedang merawat 12 orang mengindap Hiv/ Aids. Salah satu pasien bernama Odha yang tengah hamil, di bulan September karena konselor di klinik tersebut berupaya untuk mencegah agar janin 12 orang hamil itu tidak terinfeksi penyakit mematikan itu.

Koordinator konselor klinit Vct Rsd Dr soebandi.Dr Justiana Evy Tyaswati mengatakan bayi yang dikandung ibu pengidap hiv/aids rentan tertular penyakit. “Tapi saya lakukan penyegahan agar bayi tidak tertular.” Ujarnya.

Evy mengungkapkan salah satu cara yang dilakukan adalah memberi ibu hamil itu dengan ARV (Antiretroviral) itu diberikan untuk menekan virus di tubuh sang ibu selama kehamilan. Lanjut Evy. si ibu harus rajin mengkonsumsi ARV agar ketiga melahirkan.

Prosesnya tidak boleh melahirkan secara normal. Harus operasi, data di klinik VCT RSD Dr.Soebandi Jember mencatat pasen HIV AIDS yang ditangani sampai Agustus 2015 sebanyak 1.820 orang mereka adalah warga Jember dan beberapa warga kabupaten lainnya.

Sementata data dinas kesehatan (Dinkes) Jember mencatat warga Jember yang positif mengindap HIV AIDS hingga Juli 2015 sebanyak 2005 orang. Data ini diperoleh dari tiga rumah sakit dan sembilan puskesmas yang memiliki klinik VCT di tiap kecamatan.  (Jumiati/Rokim)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY