Tolak RUU Advokat, Hotman Paris: Nggak Masuk Akal

Jakarta, Radaronline

Penetapan Rancangan Undang-undang (RUU) Advokat yang kini masih digodok di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  mendapatkan penolakan dari ribuan advokat.

Aksi penolakan RUU Advokat ini diwarnai dengan aksi turun ke jalan. Ribuan Advokat berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, Kamis (11/09/2014).

“Nggak masuk akal, tolak RUU Advokat,” ujar Pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (11/9/2014).

Di lokasi, Hotman yang datang dengan mengenakan toga dan dasi putih di leher sama seperti rekan seprofesinya ikut berkeliling memutari separuh Bundaran HI. Teriknya matahari tidak mengurangi semangat para advokat ini untuk turut berorasi.

Massa yang kini  mencapai ribuan orang terus berkeliling di Bundaran HI.  Bahkan, Hotman  yang sebelumnya berkeliling dengan jalan kaki melanjutkan ‘tawaf’nya dengan menumpang mobil sound systemyang melintas dilokasi aksi. Sesekali Hotman pun  berorasi dari atas mobil.

Sementara itu, Nicholas Sinaga, anggota Dewan Kehormatan Peradi Bandung, mengatakan, RUU tersebut dapat melemahkan profesi advokat.  Karena  menurutnya, ada satu pasal di dalam RUU advokat yang memasukkan unsur pemerintah dalam dewan kehormatan advokat.

“Ini kan intervensi. Dia bisa menentukan kelangsungan advokat,” kata Nicholas, yang  turut berorasi di Bundaran HI.

Nicholas menambahkan bahwa RUU advokat membolehkan pembentukan lembaga advokat dengan minimal jumlah peserta 35 orang. Hal tersebut menurutnya dapat mengurangi kredibilitas profesi advokat.  “Orang yang gagal masuk Peradi bisa dengan gampang bikin lembaga advokat. Harusnya kalau gagal kan bisa coba lagi sampai lulus,” jelas Nicholas.  (kff/mok/yen)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY