Terkait Bentrok di Aceh Singkil, Kapolri Akui Kapolres Lengah

Jakarta, Radaronline
Kepala Polisi RI (Kapolri) Jenderal Pol Badrodin Haiti mengakui ada kelengahan dalam pengamanan yang dilakukan Kapolres Aceh Singkil AKBP Budi Samekto yang menyebabkan terjadi bentrok yang disertai pengrusakan rumah ibadah di Aceh Singil pada Selasa 13 Oktober 2015 lalu.

Badrodin mengatakan ada kesalahan prediksi mengenai jumlah pasukan yang disiagakan. Seharusnya Polres Aceh Singkil meminta bantuan Polda setempat untuk antisipasi.

“Dalam konteks ini memang ada kelemahan prediksi dari Kapolres-nya karena dari awal memang sudah kita tanya kepada Kapolda apakah perlu back-up bantuan, tapi ternyata enggak perlu. Nah penilaian-penilaian seperti ini tentu diserahkan pada Kasatwil setempat,” kata Badrodin di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/10/2015) kemarin.

Dalam hal prediksi jumlah pasukan yang disiagakan, Badrodin mengatakan, ada respon yang berbeda-beda pada masing-masing Kasatwil untuk menentukan rasio antara-jumlah massa dan pasukan.

“Tentu setiap Kasatwil responnya berbeda-beda, ada yang memang over dan ada yang memang underestimate (kurang). Di mana kemampuannya dalam memprediksi satu sama lain itu tidak sama,” lanjut dia.

Namun ketika ditanya mengenai resiko yang akan dijatuhkan kepada Kapolres Aceh Singkil atas kelalaian ini, Badrodin mengatakan tentu akan ada sanksi. “Tentu ada resikonya,” kata dia.

Sementara itu mengenai pengamanan di Aceh Singkil pasca-bentrokan, Badrodin menjelaskan, sudah menambah pasukan dari TNI dan Brimob untuk terus melakukan pengawalan. Para pengungsi juga sudah secara berangsur dipulangkan ke daerahnya masing-masing menyusul kesepakatan antara-kedua belah pihak yang berseteru.

“Sudah cukup aman sudah cukup kondusif, pasukan juga sudah ditambah baik dari TNI maupun Brimob. (pengungsi) sudah secara bertahap akan dikembalikan. Saya harapkan bisa diselesaikan karena dari kemarin di mana masih ada pembicaraan-pembicaraan dan kesepakatan-kesepakatan yang harus dibangun diantara mereka,” tutup Badrodin. (MSR/Rbp)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY